Dasar pembuatan database pada microsoft access 2010

PENGERTIAN DATABASE 
Database disebut juga basis data dalam sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih table yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Data-data yang diolah tersebut akan disimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .accdb(Access Database).
Dalam MS Access, table merupakan tempat untuk menyimpan data yang telah diolah dan mempunyai suatu tema tertentu, misalnya data siswa, data pegawai, data persediaan barang, dsb. Table terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:
  • Field, merupakan tempat data atau informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan atau diinputkan pada bagian kolom table.
  • Record, merupakan kumpulan dari beberapa field yang saling berhubungan tersimpan dalambentuk baris pada table. Satu table bisa terdiri dari beberapa record sekaligus. Berikut ini contoh table database
  • Query, adalah objek database yang berfungsi untuk menampilkan, menyunting, dan menganalisis suatu data yang memenuhi syarat tertentu dari satu table atau lebih. Query dapat juga digunakan untuk meng-update atau menghapus beberapa record data pada satu saat yang sama. Selain itu query dapat juga digunakan untuk menjalankan perhitungan terhadap sekelompok data. Sebuah query dapat memiliki sumber data sampai dengan 16 tabel, dan 255 field yang berbeda.
  • Form, adalah objek database yang digunakan untuk membuat kontrol-kontrol untuk proses memasukkan, memeriksa, memperbarui data. 
  • Report, adalah objek yang digunakan untuk menampilkan data yang telah diformat sesuai dengan ketentuan yang pernah diberikan.
  • Macro, adalah rangkaian perintah yang dapat disimpan dan dijalankan otomatis, misalnya membuka form, mencetak report dan lain-lain
  •  Module adalah program-program yang ditulis dengan Access Basic. 
MEMBUAT DATA BASE.
  • Bukalah program Microsoft Access, pilih pilihan Blank Database pada task pane atau pilih tombol Office dan pilih perintah New sehingga akan ditampilkan pilihan Blank Database.  Klik create untuk memulai membuat database.
  • Tampilkan awal ketika membuat database di Microsoft Access.

  • Kemudian untuk membuat table, kliklah pada menu create toolbar table.

  • Lalu klik kanan pada Click to Add untuk membuat judul field seperti gambar di bawah ini. 

  • Pada judul ini yang akan dibuat adalah judul NAMA, NPM, KELAS jurusan.

  •  Lalu isikan table sesuai dengan data yang akan diisi.

  • Klik kanan pada table, lalu pilih rename untuk menganti nama table. 

Sekian dan terimakasih GBU

Comments

Popular Posts